Pada hari Selasa, 29 April 2025, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses menyelenggarakan workshop online bertajuk “Transformasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Pendekatan, Tantangan, dan Peluang”. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta, yang terdiri dari mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Bahasa Inggris, serta guru dan dosen dari berbagai wilayah di Indonesia. Workshop ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran bahasa Inggris, memberikan wawasan baru serta strategi yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan saat ini.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber terkemuka yang memiliki kepakaran dalam bidang teknologi pendidikan. Dr. A. Gumawang Jati, M.A., yang berasal dari Institut Teknologi Bandung, dan Prof. Handoyo Puji Widodo, Ph.D., dari PERIISAI Center for Social Science Research, berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka yang luas dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Sumardi, M.Hum, menekankan bahwa kegiatan ini merupakan manifestasi komitmen Program Studi untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang adaptif dan relevan bagi calon guru serta praktisi pendidikan lainnya. Ia berharap, melalui workshop ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam pengajaran.
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I FKIP UNS, Dr. Paed. Nurma Yunita Indriyanti, S.Pd., M.Si., M.Sc. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya inovasi dalam proses pembelajaran dan mendorong semua pihak untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang cepat. Dr. Nurma menyatakan bahwa fakultas akan terus berupaya memfasilitasi inovasi dalam pembelajaran, serta memberikan dukungan bagi para pengajar dan mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan yang dapat memperkaya pengalaman belajar. Dengan semangat kolaborasi, beliau berharap workshop ini dapat menjadi platform bagi peserta untuk saling berbagi ide dan praktik terbaik dalam pemanfaatan teknologi di kelas.
Sesi workshop dimulai dengan presentasi oleh Dr. A. Gumawang Jati, M.A., yang membahas pemanfaatan teknologi, termasuk aplikasi kecerdasan buatan (AI), yang dapat digunakan oleh guru untuk merancang pembelajaran yang interaktif dan bermakna. Ia menekankan bahwa teknologi bukan hanya alat, tetapi juga dapat menjadi mitra dalam proses pembelajaran, membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif. Peserta diberikan berbagai contoh praktis tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris, mulai dari aplikasi pembelajaran berbasis game hingga platform yang menyediakan umpan balik instan bagi siswa. Selanjutnya, Prof. Handoyo Puji Widodo membahas riset terkini mengenai pembelajaran berbantukan teknologi, memberikan wawasan mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam penerapan teknologi di pendidikan. Ia menjelaskan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang konteks lokal dan kebutuhan siswa dalam mengimplementasikan teknologi secara efektif. Diskusi ini membuka ruang bagi peserta untuk bertanya dan berbagi pengalaman mereka masing-masing, sehingga tercipta dialog yang konstruktif mengenai praktik terbaik dalam menggunakan teknologi untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris.
Melalui workshop ini, diharapkan para peserta tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam pengajaran mereka. Dengan demikian, workshop ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di Indonesia, menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi semua peserta didik.

About The Author

sidebar-cta-repairs
sidebar-cta-careplan
sidebar-cta-installations

Comments