SIKAP
-
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
-
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas profesi berdasarkan agama, moralitas, dan etika;
-
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
-
Memiliki jiwa nasionalisme dan menunjukkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air, dan rasa tanggung jawab pada bangsa dan negara, serta mendukung perdamaian dunia;
-
Menghargai keanekaragaman agama, budaya, dan pendapat atau temuan orang lain;
-
Memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap fenomena sosial yang ada dalam masyarakat dan lingkungan;
-
Menjunjung tinggi hukum dan keadilan serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan negara, bangsa dan masyarakat;
-
Menginternalisasi nilai dan norma akademik dan menerapkannya dalam menjalankan tugas profesi.
-
Membangun semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan serta menerapkannya dalam menjalankan tugas profesi.
-
Memperlihatkan ketulusan, komitmen, dan kesungguhan hati untuk menumbuhkembangkan potensi dan kompetensi peserta didik.
KETRAMPILAN UMUM
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS mampu:
-
mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
-
melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
-
menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomuni- kasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
-
mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
-
mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
-
mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
-
meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
-
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
PENGETAHUAN
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS menguasai konsep dan teori tentang:
-
perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris, baik dalam pendidikan formal maupun non-formal;
-
aliran-aliran besar pembelajaran seperti sociocognitive, critical language pedagogy, dan second language acquisition theories dan aplilasinya dalam pembelajaran bahasa Inggris;
-
aliran-aliran besar linguistik,seperti semiotic theory, multimodal theory, dan critical discourse theory dan aplikasinya dalam pembelajaran bahasa Inggris;
-
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris, baik dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, maupun campuran;
-
teknologi (digital) dan pemanfaatannya dalam pembelaajran dan penelitian pendidikan bahasa Inggris;
-
presentasi gagasan dan hasil penelitian dalam bahasa Inggris, khususnya dalam forum ilmiah, seperti seminar dan konferensi, baik pada level nasional maupun internasional; dan
-
penulisan gagasan dan hasil penelitian dalam bentuk tesis dan artikel ilmiah, dan publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional yang bereputasi.
-
perencanaan, pemproduksian barang/jasa, pembiayaan, pemasaran, dan pengembangan kewirausahan dan aplikasinya dalam bidang pendidikan bahasa Inggris.
KETRAMPILAN KHUSUS
Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNS mahir:
-
merencanakan, melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris, sesuai dengan konsep dan teori kebahasaan dan pendidikan kebahasaan;
-
menerapkan konsep dan teori tentang aliran-aliran besar pembelajaran seperti sociocognive, critical language pedagogy, dan second language acquisition theories dalam pembelajaran bahasa Inggris;
-
menerapkan teori tentang aliran-aliran besar linguistik, seperti semiotic theory, multimodal theory, dan critical discourse theory dalam pembelajaran bahasa Inggris;
-
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris, baik dengan pendekatan kuantitatif, kualitatif, maupun campuran;
-
memilih dan menggunakan teknologi (digital) dalam pembelajaran bahasa Inggris dan penelitian pendidikan bahasa Inggris;
-
mempresentasikan gagasan dan hasil penelitiannya dalam pendidikan bahasa Inggris, khususnya dalam forum ilmiah, seperti seminar dan konferensi, baik pada level nasional maupun internasional;
-
menuangkan gagasan dan hasil penelitiannya dalam bentuk tesis dan artikel ilmiah, dan mempublikasikannya dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional yang bereputasi; dan
-
merencanakan, memproduksi barang/jasa, mengusahakan pembiayaan, memasarkan, dan mengembangkan kewirausahan dan aplikasinya dalam bidang pendidikan bahsa Inggris.