Peran serta alumni untuk pengembangan prodi menjadi salah satu hal penting dalam upaya pengembangan kualitas prodi pada penilaian yang berbasis outcome. Untuk itu, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris pada hari Senin, 28 Juni 2021 pukul menyelengggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Program  Pelibatan Alumni untuk Pengembangan Prodi yang sekaligus menjadi sarana silaturahmi virtual antar alumni. FGD yang baru pertama kali dilaksanakan ini bertujuan untuk membangun sinergi antara Prodi dengan alumni sekaligus menjaring ide-ide kegiatan yang akan dikontribusikan alumni untuk Prodi mengingat selama ini, alumni baru terlibat pada kegiatan peninjauan dan rekonstruksi kurikulum.

Dua narasumber yang merupakan alumni Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris menjadi pemantik diskusi yang berlangsung produktif. Keduanya adalah Junjun Muhamad Ramdani, M.Pd (Dosen Universitas Siliwangi, Tasikmalaya – Ph.D Candidate di UNSW, Australia) dan  Arni Ferra Sinatra, M.Pd (Guru SMA Negeri 1 Surakarta). Sejumlah poin mengemuka pada diskusi yang dibuka oleh Kaprogdi, Prof. Joko Nurkamto, M.Pd, Ketua IKA Prodi, Joko Sumarsono, S.Pd., M.Pd (Kepala SMA Batik 2 Surakarta, Ph.D candidate of UTeM Melaka) dan dimoderatori Dr. Sumardi, M.Hum. Tiga usulan utama yang akan ditindaklanjuti adalah:

  1. Pengadaan join webinar antara prodi dan alumni
  2. Penjadwalan kegiatan alumni berbagi/ alumni mengajar terkait pengalaman metode dan etika penelitian atau topik lain yang relevan, serta pembangunan suasana akademik
  3. Penguatan kerjasama penelitian antara alumni dengan mahasiswa aktif Prodi serta kerjasama penelitian antar alumni

Ketiga poin yang mengemuka pada FGD tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh tim Prodi dan IKA Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan dukungan penuh dari alumni, diharapkan ide-ide yang muncul pada FGD dapat direalisasikan dengan baik dan menjadi wujud konkret sumbangsih alumni untuk pengembangan prodi.

About The Author

sidebar-cta-repairs
sidebar-cta-careplan
sidebar-cta-installations

Comments

More Posts You May Find Interesting